Mengabdi Untuk Berbakti

Home » » Al Fatihah Obat Yang Paling Mujarab Dari Segala Obat

Al Fatihah Obat Yang Paling Mujarab Dari Segala Obat

Agama dan Kesehatan


Obat Paling Mujarab Dari Segala Obat
Oleh : Eklis Dinika

Setiap tengah malam aku mempunyai rutinitas shalat tahajjud yang telah mengakar sejak di pesantren, walaupun aktifitas yang kulakukan cukup padat dan sangat melelahkan tidak menggoyahkan semangatku untuk menghadap sang pencipta. Bermunajat dikeheningan malam disaat semua orang terlelap dengan mimpi indahnya merupakan hal yang paling tepat untuk mencurahkan keluh kesah dan segala kegundahan kepada Allah SWT.

Surah Al-Fatihah ayat 5 merupakan sumber inspirasiku "Hanya kepadu-MU aku menyembah dan hanya kepada-MU aku mohon pertolongan", hal itulah yang membuat aku tetap optimis, sabar, tabah, dan tetap konsisten dengan profesiku, dan keyakinan itu juga yang membawaku untuk tetap belajar dan mengajar, dengan menggunakan konsep al-Qur’an hidup terasa indah dan bermakna.

Aktifitas dan ibadah merupakan dua hal yang tak terpisahkan untuk mewujudkan suatu impian, ibadah adalah obat mujarab yang mampu menghilangkan segala macam problema yang dialami setiap selesai melakukan suatu aktifitas. Materi bukanlah suatu ukuran kesuksesan seseorang jika tidak diiringi dengan ibadah tetapi sehat jasmani dan rohani adalah modal utama meraih kesuksesan.

Untuk meraih kesuksesan si Ibnu Qayyim memaparkan sebagaimana terdapat dalam QS. Fushshilat: 44 yang artinya: “Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh."

Al-Quran adalah penawar hati dari penyakit kebodohan dan keragu-raguan, Allah tidak akan menurunkan suatu obat dari langit yang lebih komplit, lebih bermanfaat dan lebih mujarab dalam menyembuhkan suatu penyakit kecuali dengan Al-Quran. 

Keutamaan Surah Al Fatihah
Telah disebutkan dalam kitab Sahih Bukhari dan Sahih Muslim sebuah hadis dari Abu Sa’id, yang artinya:

“Sekelompok dari sahabat Nabi Saw. Pernah melakukan perjalanan jauh, mereka kemudian singgah di sebuah perkampungan Arab lalu mereka minta agar dijamu oleh penduduknya, tetapi mereka tidak mau menjamunya. Setelah berselang beberapa saat, kepala kampung tersebut disengat seekor hewan. Para penduduknya dengan segala kemampuan yang ada telah berusaha untuk mengobatinya, namun usahanya tetap sia-sia. Salah satu di antara mereka lalu ada yang berkata pada teman-temannya, ‘Jika kalian mau mendatangi orang-orang yang singgah itu, kemungkinan salah seorang dari mereka ada yang mempunyai sesuatu yang dapat dipergunakan untuk mengobatinya.’ Dengan sepakat akhirnya para penduduk tersebut datang menghadap mereka sambil berkata, ‘ Wahai sahabat, bahwa sesungguhnya kapala kampung kami disengat seekor hewan, kami telah berusaha dengan segala cara untuk mengobatinya, namun semua itu tidak berpengaruh sedikit pun. Salah seorang di antara anggota kelompok itu ada yang menjawab,’Ya,sungguh aku mempunyai mantera. Akan tetapi kami pernah minta kepada kalian untuk menjamu kami,namun kalian tidak mau menjamunya. Aku tidak mungkin akan membacakan mantera itu pada kalian jika kalian tidak mau memberikan upah kepada kami. Penduduk kampung tersebut akhirnya mengadakan permusyawaratan dengan mereka, dengan suatu keputusan bahwa mereka akan memberikan upah beberapa ekor kambing. Orang yang pandai mantera itu kemudian pergi untuk menemui kepala kampung tersebut lalu membacakan ‘surat AlFatihah’. Kepala kampung itu pun kemudian sembuh, bangkit dan berjalan-jalan tanpa ada rasa sakit sedikit pun.
Para penduduk tersebut kemudian memenuhi janjinya sesuai keputusan musyawarah tadi. Setelah upah tersebut di terima, ada sebagian dari kelompok tersebut berkata, ‘Hendaknya kambing-kambing itu dibagi’. Orang yang pandai mantera menjawab, ‘Kami tidak akan melaksanakannya sebelum kami datang menghadap Nabi Saw. untuk kita laporkan apa yang telah terjadi, lalu kita lihat apa yang diperintahkan beliau nanti.’ Mereka pun akhirnya menghadap Rasulullah Saw. dan menghaturkan peristiwa tersebut. Nabi lalu bersabda, ‘Dari mana kalian tahu bahwa surat Al Fatihah itu merupakan mantera!’ Rasulullah Saw. melanjutkan sabdanya,’ Kalian telah melakukan sesuatu yang benar. Bagi-bagilah upah itu dan berikan untukku saham bersama kalian’.” 

Surah Al Fatihah memang dapat berpengaruh bahkan dapat menyembuhkan penyakit, sehingga seakan-akan penyakit tersebut tidak pernah ada. Pengobatan semacam ini adalah cara pengobatan yang paling mudah dan paling gampang didapatkan. Seandainya setiap orang mau melakukan pengobatan dengan surah Al Fatihah dengan baik, niscaya dia akan melihat pengaruhnya yang sangat mengagumkan dalam menyembuhkan suatu penyakit.

Doa dapat Menolak Hal-hal yang tidak Diinginkan
Doa merupakan suatu alat yang paling kuat untuk menolak sesuatu yang tidak diinginkan, juga dapat mendatangkan sesuatu yang diminta. Tetapi pengaruh doa tersebut akan berbeda-beda menurut kadar iman seseorang. Kalau ada doa yang tidak dikabulkan oleh Allah. Hal itu disebabkan karena di dalam hati orang tersebut terdapat rasa permusuhan, atau mungkin karena lemah imannya atau kurang bersungguh-sungguh ketika berdoa kepada Allah. Tidak terkabulnya doa ada kalanya karena adanya hal yang menghambat terkabulnya doa itu, seperti makan barang haram, dosa-dosa yang melekat di dalam hati, kecintaan dunia dan kelengahan hati.

AL Fatihah Obat Mujarab Dari Segala Obat
Berdoa dengan surah AL Fatihah Adalah tindakan yang tepat disamping dapat mempertebal keimanan kepada Allah SWT, sekaligus dapat menyehatkan tubuh luar dalam. Allah menurunkan penyakit pasti ada obatnya semua itu tergantung kepada manusianya Rahman-Rahim Allah tiada terbatas. Dengan ibadah yang tekun, khusuk dan yakin Allah akan mengabulkan semua permohonan yang diminta.

Surah Al Fatihah memiliki 4 (empat) keutumaan antara lain: 1) pernyataan Nabi saw., bahwa Al Fatihah adalah surah yang paling agung dalam Al Quran, 2) Tersebut dalam riwayat bahwa seorang sahabat mambaca jampi dengan Al Fatihah dan akhirnya sembuh, Rasulullah membenarkan daan mengakui hal itu, 3) Termasuk keistimewaan yang diberikakn Allah kepada Nabi muhammad saw. Merupakan cahaya yang dikaruniakan Allah yang belum pernah diberikan pada nabi sebelumnya, dan 4) Surahnya surat, tidak sah salat jika tidak membacanya bagi orang yang mampu membacanya.

Doa harus dilakukan secara kontinu karena hal itu merupakan suatu wujud kesungguhan permohanan seorang hamba kepada sang pencipta dan juga salah satu obat yang paling manjur. Doa jika dihubungkan dengan musibah mempunyai 3 (tiga) tingkatan: 1) doa lebih kuat disbanding musibah sehingga ia bisa menolak musibah, 2) doa lebih lemah dari misibah, sehingga doa dapat terkalahkan yang akhirnya seseorang akan terkena musibah, akan tetapi doa tersebut terkadang dapat meringankan bala’ tersebut walaupun sedikit, dan 3) antara doa dan musibah sama kuatnya sehingga satu sama lain saling berusaha untuk mengalahkannya.

Selain itu seorang hamba harus selalu dalam keadaan bersih dalam artian suci oleh karena itu setiap akan melakukan aktifitas apapun dianjurkan berwudlu, kunci ibadah itu adalah wudlu karena Allah SWT akan mengabulkan doa orang yang suci lahir dan bathin karena dalam jiwa yang sehat terdapat akal yang sehat disertai dengan kesabaran, qona’ah, dan istiqamah . Dengan langkah tersebut diharapkan dapat mewujudkan harapan dan cita-cita hidup sehat dan mendapat ridla Allah SWT. Keridlaan Allah memudahkan dalam segi apapun dunia maupun akhirat semua akan terasa indah dan bermakna jika Allah meridlai terhadap apa yang kita lakukan, karena semua yang kita lakukan di dunia ini semata- mata hanya untuk mengharap ridl-Nya

Sumber : http://www.bawean.net/2012/05/al-fatihah-obat-yang-paling-mujarab.html
Thanks for reading Al Fatihah Obat Yang Paling Mujarab Dari Segala Obat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar