Mengabdi Untuk Berbakti

Home » » Apakah yang harus dipersiapkan memasuki Ramadhan ?

Apakah yang harus dipersiapkan memasuki Ramadhan ?


Oleh : Nurul Isnaini

Tak terasa,  Ramadhan telah tiba. Perasaan senang dan gembira menyambut bulan Ramadhan diiringi dengan harapan semoga Ramadhan tahun ini membawa banyak berkah dan manfaat bagi kita.  

Apa bedanya orang zaman dulu dengan zaman now dalam menyambut Ramadhan?  

Kalangan salaf dahulu mempersiapkan datangnya Ramadhan dari 6 bulan sebelumnya, mereka berdoa dengan sungguh-sungguh agar bisa bertemu dengan Ramadhan. Subhanallah..Mereka begitu antusias menyambut berkah Ramadhan.

Sudahkah kita mempersiapkan dengan baik untuk menyambut Ramadhan  ini?

Beberapa hal yang perlu kita persiapkan dalam memasuki bulan Ramadhan :

Persiapan pertama Tazkiyatun Nafs (membersihkan diri dan hati), memohon ampunan kepada Alloh swt atas dosa-dosa yang pernah kita lakukan, betapa banyak dosa, kesalahan yang selalu kita lakukan baik sadar ataupun tidak. Alloh swt itu Maha baik, Dia selalu menutup aib kita, sekalipun dosa yang kita lakukan sangat banyak. Astaghfirullah.. Mohon ampunanMu ya Allah...

Dengan membersihkan diri dapat melahirkan keikhlasan,  kesabaran,  tawakal dan amalan hati dapat menuntun kita kepada ibadah yang berkualitas.

Yang kedua,  siapkan keilmuan kita.  Jangan lelah untuk menuntut ilmu apalagi dibulan Ramadhan yang penuh maghfirah dan rahmat. Hanya dengan ilmu kita akan bisa melaksanakan ibadah puasa dengan benar. Menurut Ibnu Qoyyim Al Jauziyah "Orang yang berilmu mengetahui tingkatan ibadah,  perusak-perusak amal,  hal-hal yang menyempurnakannya dan apa saja yang menguranginya "

Ketiga, siapkan jiwa dan spiritual kita. Persiapkan diri lahir batin untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lain didalamnya dengan hati yang ikhlas.

Empat,  persiapkan fisik,  jaga kesehatan karena kesehatan adalah modal utama untuk beribadah. Kalau badan kita sehat kita akan bisa beribadah dengan baik. Jaga pola makan yang sehat, aktivitas dan istirahat yang tepat.

Kelima,  persiapan dana.  Banyak amal shalih yang bagus dan pahalanya berlipat ganda untuk kita laksanakan dalam bulan Ramadhan ini. Persiapkan dana untuk infaq, shadaqoh, memberi buka dan lain-lain.

Semoga Alloh swt senantiasa memberikan kita kesehatan lahir batin,  kekuatan dan keridhaan  kepada kita sehingga kita diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah dibulan suci Ramadhan.

Mohon maaf lahir batin,  semoga bermanfaat.
Thanks for reading Apakah yang harus dipersiapkan memasuki Ramadhan ?

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar